Upaya Kesiapsiagaan Bencana untuk Anak Usia Sekolah di SDN Tresnasetra Kabupaten Subang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Latar Belakang: Indonesia merupakan negara dengan tingkat resiko bencana alam yang tinggi. Salah satu bencana alam yang perlu mendapat perhatian yaitu megathrust (gempa besar disertai tsunami), yang masih menjadi ancaman serius dan membahayakan masyarakat khususnya wilayah Jawa Barat. Anak-anak merupakan salah satu kelompok paling rentan dan berisiko terkena dampak bencana. Berdasarkan data kejadian bencana, korban usia anak terjadi di berbagai tempat dan waktu.
Tujuan: memberikan penyuluhan dan simulasi tentang kesiapsiagaan bencana pada anak-anak khususnya di SDN Tresnasetra Kabupaten Subang Jawa Barat, yang menjadi bagian wilayah berpotensi terdampak gempa megathrust.
Metode: Kegiatan ini melibatkan siswa anak sekolah dasar kelas 4-5 di SDN Tresnasetra di Kabupaten Subang. Metode pengabdian masyarakat yaitu penyuluhan dengan media audiovisual berupa film pendek tentang kesiapsiagaan bencana dan simulasi kesiapsiagaan bencana. Pengukuran pemahaman dilakukan langsung dikelas dengan metode random item recognition.
Hasil: Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan dan simulasi, sebanyak 40 partisipan mampu menjawab pertanyaan dan mempraktekkan kesiapsiagaan bencana.
Kesimpulan: Kesiapan siagaan bencana berbasis penyuluhan di sekolah dasar menjadi strategi optimal untuk menumbuhkan pemahaman dan kesiapan anak usia sekolah mengantisipasi bencana gempa bumi.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) adalah jurnal ilmiah peer-review di bidang keperawatan yang artikelnya tersedia secara bebas untuk diakses, diunduh, dan digunakan untuk tujuan penelitian. Naskah yang dikirimkan ke JPPM diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons License (CC BY). Ketentuan lisensi ini adalah sebagai berikut:
-
Berbagi — Anda dapat menyalin dan mendistribusikan materi dalam format atau media apapun untuk tujuan apapun, termasuk tujuan komersial.
-
Adaptasi — Anda dapat meremiks, mengubah, dan membangun karya dari materi tersebut untuk tujuan apapun, termasuk tujuan komersial.
-
Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dibuat. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menyiratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
Tanpa pembatasan tambahan — Anda tidak diperbolehkan menerapkan ketentuan hukum atau langkah teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Referensi
Agus Narayana, I. G., Sukarja, I. M., Sukawana, I. W., & Juniari, N. M. (2022). Edukasi Media Audiovisual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Gema Keperawatan, 15(2), 160–171. https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.1869
Ansori, M. H., & Santoso, M. B. (2019). Pentingnya Pembentukan Program Sekolah Siaga Bencana Bagi Kabupaten Bandung Barat. 6(3), 307–314.
Condeng, B., Amyadin, Malik, S. A., Iwan, & Saleh, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana Tsunami di Desa Wani Satu Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Universitas Muhammadiyah Palu, 7(7), 2655–2665. https://doi.org/10.56338/jks.v7i7.5703
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Humsona, R., Yuliani, S., & Pranawa, S. (2019). Kesiapsiagaan Anak dalam Menghadapi Bencana: Studi di Kabupaten Sleman. Talenta Publisher, 2(3). https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i1.619
Islamiyah Syamila, A., Nurika, G., & Ridzkyanto, R. P. (2023). Sekolah Siaga Bencana: Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di Sdn 1 Panji Lor Situbondo. Panrita Abdi, 7(2). https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.18610
Kanamori, H. (1972). Mechanism of tsunami earthquakes. Physics of the Earth and Planetary Interiors, 6(5), 346–359. https://doi.org/10.1016/0031-9201(72)90058-1
Maharani, S., Sari, R. P., Ikbal, R. N., & Rahmi, H. (2024). Pendidikan Mitigasi Bencana dan Kesiapsiagaan Anak dalam Menghadapi Gempa Bumi di SDN 09 Berok Nipah. JIK JURNAL ILMU KESEHATAN, 8(2), 433. https://doi.org/10.33757/jik.v8i2.1207
Mahdi, S. S., Jafri, H. A., Allana, R., Battineni, G., Khawaja, M., Sakina, S., Agha, D., Rehman, K., & Amenta, F. (2023). Systematic review on the current state of disaster preparation Simulation Exercises (SimEx). BMC Emergency Medicine, 23(1), 52. https://doi.org/10.1186/s12873-023-00824-8
Pemkab Kab. Subang. (n.d.). Letak Geografis Kabupaten Subang. Retrieved 31 January 2025, from https://subang.go.id/profil/letak-geografis
Qodir, A., Alfianto, A. G., Wulandari, A. T., & Prastyo, D. (2023). Peningkatan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Sekolah Dasar Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 2051–2057. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3510
Siswadi, A., & Dwi, A. (2024, Agustus | 08.17 WIB). Prediksi Gempa Megathrust di Indonesia, Apa yang Perlu Diketahui? Tempo. https://www.tempo.co/lingkungan/prediksi-gempa-megathrust-di-indonesia-apa-yang-perlu-diketahui--17062
Wells, K. B., Springgate, B. F., Lizaola, E., Jones, F., & Plough, A. (2013). Community Engagement in Disaster Preparedness and Recovery. Psychiatric Clinics of North America, 36(3), 451–466. https://doi.org/10.1016/j.psc.2013.05.002
Wibawana, W. A. (2023). Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi? Ini Penyebabnya. https://news.detik.com/berita/d-6520613/mengapa-indonesia-sering-terjadi-gempa-bumi-ini-penyebabnya