OPTIMALISASI PROGRAM BANK SAMPAH RUMAH INSPIRASI DANGDEUR MELALUI SISTEM INFORMASI FUSFUS (FROM US FOR US) 
							
		    																									
		   		
	Main Article Content
Abstract
. Program Bank Sampah yang digagas oleh Rumah Inspirasi Dangdeur menjadi solusi preventif mengurangi jumlah sampah di Kelurahan Dangdeur melalui proses daur ulang sampah menjadi produk kerajinan. Kurangnya informasi mengenai keberadaan rumah inspirasi Dangdeur menyebabkan program bank sampah tidak berjalan secara optimal. Selain itu, pemasaran produk kerajian hasil daur ulang sampah belum dikenal secara luas. Untuk mengkaji masalah yang ada, Jurusan Manajemen Informatika melaksanakan penelitian di Rumah Inspirasi Kelurahan Dangdeur pada bulan Oktober 2020. Tujuan penelitian yaitu untuk membangun sistem informasi fusfus dalam upaya optimalisasi program Bank Sampah di Rumah Inspirasi Dangdeur. Sistem informasi fusfus (from us for us) dapat dijadikan sebagai media promosi, penjualan online, dan penukaran poin dengan produk rumah tangga. Poin diperoleh melalui sampah yang disumbangkan masyarakat setempat ke Rumah Inspirasi. Metode pengembangan sistem informasi fusfus (from us for us) menggunakan Agile Development Software dengan SCRUM Framework. Penerapan metode agile dengan SCRUM framework dinilai tepat karena mengacu pada prinsip iteratif, cepat, adaptif, dan secara aktif melibatkan pengguna dalam kegiatan pengembangan perangkat lunak. Sistem informasi fusfus yang telah dikembangkan dapat digunakan oleh Rumah Inspirasi Dangdeur dalam upaya optimalisasi program bank sampah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.