PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN GAME EDUKASI MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA LEVEL SMP

Main Article Content

Mohammad Iqbal

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Nusantara Raya Bandung pada tanggal 10 hingga 14  Agustus 2021 dalam KBM mata pelajaran matematika kelas 7 materi perbandingan dan skala diperoleh data bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika rendah, pembelajaran monoton dan kurang menarik sehingga motivasi belajar peserta didik menurun. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara konvensional. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa jenuh dan seakan tidak peduli pada proses KBM, peserta didik lebih tertarik dengan aktivitas pribadinya dan cenderung menginginkan berakhirnya jam pelajaran matematika. Sehingga ketika peserta didik diberikan waktu untuk bertanya atau menjawab pertanyaan, banyak yang masih belum memahami dan belum menguasai materi atau soal-soal yang disampaikan oleh guru. Kondisi seperti ini menunjukan rendahnya minat belajar peserta didik.  Maka dibutuhkan solusi berupa media pembelajaran berbasis game sebagai sarana penunjang pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik seperti dengan adanya konten animasi yang interaktif, karakter, storyboard, musik, challenge, misi dan reward dimana alur programnya mengikuti skenario pembelajaran berdasarkan kurikulum, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam mata pelajaran yang matematika. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dengan jumlah responden 2 kelas yang terdiri atas kelas eksperimen 32 orang dan kelas kontrol 32 orang dengan tujuan untuk memonitoring pengaruh media pembelajaran sehingga dari hasil penelitian dapat diperoleh tingkatan perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis variabel yang digunakan yaitu variabel bebas berupa media web dan game edukasi dan variabel terikat berupa minat belajar peserta didik pada materi perbandingan dan skala. Instrumen pengujian yang digunakan menggunakan instrumen : uji validitas, reliabilitas, statistik, normalitas, homogenitas, dan t test. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat peningkatan minat belajar yang signifikan di dalam kelas eksperimen antara sebelum dan setelah treatment. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase minat belajar siswa dari sebelum treatment sebesar 65,09% menjadi 74,19 setelah dilakukan treatment.   

Article Details

How to Cite
Mohammad Iqbal. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN GAME EDUKASI MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA LEVEL SMP. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 5(1). Retrieved from http://ejournal.polsub.ac.id/index.php/jiitr/article/view/91
Section
Articles