HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL TRANSFORMASI GEOMETRI DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL DENGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI GEOMETRIS PESERTA DIDIK SMK DI DKI JAKARTA
Main Article Content
Abstract
Menggambar konstruksi geometris adalah salah satu kompetensi dasar dari mata pelajaran kerja bengkel dan gambar teknik yang merupakan mata pelajaran wajib di SMK, namun hasil belajarnya cenderung masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: 1) kemampuan awal transformasi geometri (X1) dengan kemampuan menggambar konstruksi geometris (Y), 2) kecerdasan visual spasial (X2) dengan kemampuan menggambar konstruksi geometris (Y), dan 3) kemampuan awal transformasi geometri (X1) dan kecerdasan visual spasial (X2) secara bersama-sama dengan kemampuan menggambar konstruksi geometris (Y).Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara variabel X1 dengan variabel Y, 2) terdapat hubungan positif antara variabel X2 dengan variabel Y, dan 3) terdapat hubungan positif antara variabel X1 dan variabel X2 secara bersama-sama dengan variabel Y.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.