RANCANG BANGUN GAME HIRAKANA HEROES BERBASIS WEB

Main Article Content

Tri Herdiawan Apandi1

Abstract

Perkembangan minat bahasa Jepang masyarakat Indonesia meningkat setiap tahunnya  tercatat dari tahun 2006 sebanyak 207.000 orang mempelajari bahasa Jepang meningkat lebih dari 3 kali lipat pada tahun 2009 menjadi 720.000 orang dan pada tahun 2012 tercatat sebanyak 872.406 masyarakat Indonesia mempelajari Bahasa Jepang. Dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap bahasa Jepang, beberapa lembaga mengalami beberapa masalah dimana sebanyak 61,4% menyatakan kekurangan informasi bahan ajar dan metode pengajaran dan sebanyak 41% menyatakan kekurangan bahan ajar. Penulis mencoba membuat game yang mengajarkan huruf Hiragana dan Katakana melalui media game untuk membuat media yang interaktif serta memudahkan proses pembelajaran. Dari hasil user acceptance test (UAT) didapatkan hasil sebesar 92,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa game hirakana heroes bersama kiky si kancil dapat menambah media pembelajaran dan memudahkan pembelajaran huruf Hiragana dan Katakana.

Article Details

How to Cite
Tri Herdiawan Apandi1. (2022). RANCANG BANGUN GAME HIRAKANA HEROES BERBASIS WEB. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 2(2). Retrieved from http://ejournal.polsub.ac.id/index.php/jiitr/article/view/40
Section
Articles