Rekomendasi Strategi Perbaikan Kualitas Produk Melalui Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Mijari Milk) Recommendation Strategy for Improving Product Quality Through Analysis of Consumer Satisfaction Levels (Case Study: Mijari Milk)
Main Article Content
Abstract
Kepuasan konsumen berkorelasi positif dalam menciptakan loyalitas konsumen. Pengukuran kepuasan akan menggambarkan posisi produk di mata konsumen terhadap beberapa atribut yang terkait dengan atribut produk. Tujuan dari penelitian ini ialah merekomendasikan strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen berdasarkan hasil penilaian tingkat kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan yang tinggi pada akhirnya juga akan meningkatkan loyalitas konsumen. Tingkat kepuasan konsumen diukur dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dimana konsumen akan memberikan penilaian terhadap tingkat kepuasan dan kepentingan atribut produk. Atribut produk Mijari Milk yang nilai meliputi warna, rasa, aroma, tekstur, desain kemasan, merek produk, bentuk produk, harga, dan kemasan produk. Hasil penilaian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen sebesar 69,85% dan berada pada kategori puas. Sebagai upaya untuk mencapai tingkat kepuasan 100%, unit usaha dapat menerapkan beberapa strategi rekomendasi dari hasil analisis SWOT pada kuadran I yaitu menerapkan strategi Growth and Development. Adapun strategi rekomendasi terdiri dari (1) Inovasi produk baru olahan susu segar, (2) Produksi dengan memenuhi standar keamanan pangan, dan (3) Menciptakan saluran pemasaran baru.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Budi, I., Bhayangkara, W. D., & Fadah, I. (2016). Identification of Problems and Strategies of the Home-Based Industry in Jember Regency. Agriculture and Agricultural Science Procedia, 9, 363–370. https://doi.org/10.1016/j.aaspro.2016.02.151
Fathurohman, F., & Sangadah, H. A. (2023). Penerapan Metode Quality Function Deployment ( QFD ) pada Peningkatan Kualitas Produk Permen Susu Karamel. Gunung Djati Conference Series, 33, 32–45.
Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128. https://doi.org/10.35896/jse.v1i2.72
Khan, R. U., Salamzadeh, Y., Iqbal, Q., & Yang, S. (2022). The Impact of Customer Relationship Management and Company Reputation on Customer Loyalty: The Mediating Role of Customer Satisfaction. Journal of Relationship Marketing, 21(1), 1–26. https://doi.org/10.1080/15332667.2020.1840904
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. In Pearson Education (Eighteen). Person Education, Inc.
Lina, R. (2018). Meningkatkan Kualitas Produk Sebagai Strategi Fundamental Dalam Bersaing. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 1(1), 91–100.
Malika, U. E., Kurniawati, D., & Sutantio, R. A. (2022). The Teaching Factory Planning. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science, Humanity and Public Health (ICOSHIP 2021), 645(Icoship 2021), 169–174. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220207.027
Nourmohammadi, N., & Sadigh, G. (2024). Patients, practice, and price transparency: The impact of disclosing healthcare costs on consumer decision-making. Clinical Imaging, 107(December 2023), 2023–2024. https://doi.org/10.1016/j.clinimag.2023.110064
Nurkariani, N. L., & Kurniantara, G. Y. (2022). Pentingnya Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Artha Satya Dharma, 15(1), 27–32. https://doi.org/10.55822/asd.v15i1.238
Pós-vendas, R., Veiculos, C. D. E., Ltda, D. E. N., Sao, C., Do, B., Sp, C., & Comerciais, V. (2007). CSI - Customer Satisfaction Index CSI - Customer Satisfaction Index. https://www.datamar.cz/sites/default/files/CSI_eng.pdf
Qomariah, N. (2018). Marketing Adactive Strategy (Issue July). Cahaya Ilmu.
Simarmata, M. M., Priyono, B. S., & Novanda, R. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Roti Ganda Di Toko Ganda Kota Pematangsiantar. Jurnal Agroindustri, 13(1), 44–55. https://doi.org/10.31186/jagroindustri.13.1.44-55
Sitinjak, T. J. R., & Andrew, V. (2020). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen TRI BISNIS, 2(2), 198–217. https://doi.org/10.58872/lensa.v16i1.29
Suparno, S., & Hermiati, N. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Ilmu, 15(1), 36–41.
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 2460–4801.