PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN GAME EDUKASI MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA LEVEL SMP

Main Article Content

Mohammad Iqbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memonitoring pengaruh media pembelajaran web dan game edukasi pada materi perbandingan dan skala pada level SMP sehingga dari hasil penelitian dapat diperoleh tingkatan perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis variabel yang digunakan yaitu  variabel bebas berupa media web dan game edukasi dan variabel terikat berupa minat belajar peserta didik pada materi perbandingan dan skala. Instrumen pengujian yang digunakan menggunakan instrumen : uji validitas, reliabilitas, statistik, normalitas, homogenitas, dan t test. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu minat belajar siswa sebelum dilakukan treatment media pembelajaran berbasis web dan game edukasi sebesar 65,09% dan skor rata-rata 97,63. Dari analisis tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dilakukan treatment pada materi perbandingan dan skala mata pelajaran matematika di SMP Nusantara Raya Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar 0,215 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,042. Kemudian terdapat peningkatan minat belajar yang signifikan di dalam kelas eksperimen antara sebelum dan setelah treatment pada materi perbandingan dan skala mata pelajaran matematika di SMP Nusantara Raya Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase minat belajar siswa dari sebelum treatment sebesar 65,09% menjadi 74,19 setelah dilakukan treatment.   

Article Details

How to Cite
Mohammad Iqbal. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN GAME EDUKASI MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA LEVEL SMP. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 3(2). Retrieved from http://ejournal.polsub.ac.id/index.php/jiitr/article/view/89
Section
Articles