Proses Peningkatan Civic Competence Mahasiswa dalam Mendukung Pangan Berkelanjutan The Process of Enhancing Student's Civic Competence in Supporting Sustainable Food

Main Article Content

Tita Nurmalinasari Hidayat
Suci

Abstract

Pertanian konvensional seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan dan menurunkan produktivitas tanah. Pangan berkelanjutan merupakan konsep yang dapat digunakan untuk menanggulangi hal tersebut. Keberhasilan konsep ini perlu didukung oleh berbagai pihak termasuk mahasiswa. Dukungan mahasiswa terhadap pangan berkelanjutan dapat diwujudkan dengan modal civic competence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat civic competence mahasiswa dan perannya dalam mendukung peningkatan pangan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan responden serta informan mahasiswa Jurusan Pertanian Politeknik Negeri Subang sebanyak 30 responden. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif serta analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat civic competence mahasiswa termasuk pada kategori tinggi. Civic competence menjadi modal bagi mahasiswa untuk mendukung pangan berkelanjutan yang meliputi komponen civic knowledge, civic skills, civic values and attitudes, dan civic engagement motivation. Civic knowledge dapat berperan dalam peningkatan pengetahuan mengenai alur aspirasi dan advokasi. Civic skills mahasiswa dapat menjadi jembatan untuk memberikan informasi dan mengkampanyekan konsep pangan berkelanjutan kepada masyarakat serta untuk melakukan advokasi kepada pemerintah. Civic values and attitudes mendorong kesadaran akan toleransi, solidaritas, dan keadilan dengan semua pihak tanpa membeda-bedakan dalam rangka mewujudkan pangan yang berkelanjutan. Civic engagement motivation dapat mendorong agar mahasiswa mampu menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah yang terkait.


Kata kunci: Civic Competence, Mahasiswa, Pangan Berkelanjutan.


Conventional farming causes environmental damage and reduces soil productivity. Sustainable food is a concept that can be used to overcome this. The success of this concept needs to be supported by various parties, including students. Student support for sustainable food can be realized through civic competency capital. This research aims to determine the level of civic competence of students and support sustainable food improvement. The method used was a mixed method with 30 respondents and student informants from the Department of Agriculture, Subang State Polytechnic. Data analysis uses quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. The research results show that the level of students' civic competence is included in the high category. Civic competency becomes capital for students to support sustainable food which includes components of civic knowledge, civic skills, civic values ​​and attitudes, and motivation for community involvement. Civic Knowledge can play a role in increasing knowledge regarding the flow of aspirations and advocacy. Citizenship skills students can be a bridge to provide information and campaign for sustainable food concepts to the community as well as to carry out advocacy to the government. Civic values ​​and attitudes that encourage awareness of tolerance, solidarity and justice with all parties without discrimination in order to realize sustainable food. Motivation for community involvement can encourage students to be able to become a bridge between the community and the relevant government.


Keyword          : Civic competence, student, sustainable food

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, A.-H. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Hukum Eropa Kontinental dan Anglosaxon Dalam Sistem Peradilan di Negara Republik Indonesia Artikel info Artikel history. PETITUM, 9(1), 51–65. https://uit.e-journal.id/JPetitum

Ardhani, M. Della, Utaminingsih, I., Ardana, I., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/gk.2022.16167

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Banks, J. A. (1985). Teaching Strategies for the Social Studies. Longman. Bourn, D. (2009). Students as Global Citizens. In E. Jones (Ed.), Internationalisation and the Student Voice (1st ed., pp. 44–55). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203865309-10

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). The Influence Of Marketing Strategy and Brand Community On MSME Sales In South Tangerang City. 4(1), 102–114.

Christyanto, M., & Mayulu, H. (2021). Pentingnya pembangunan pertanian dan pemberdayaan petani wilayah perbatasan dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional: Studi kasus di wilayah perbatasan Kalimantan. Journal of Tropical AgriFood, 3(1), 1.

https://doi.org/10.35941/jtaf.3.1.2021.5041.1-14.

Djibran, Moh. M., Andiani, P., Nurhasanah, Di. P., & Mokoginta, M. M. (2023). Analisis Pengembangan Model Pertanian Berkelanjutan yang Memperhatikan Aspek Sosial dan Ekonomi di Jawa Tengah. Jurnal Multidisiplin West Science, 10, 847–857. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jmws.v2i10.703.

Febrianti, N., Nur, S. M., & Juwita, S. R. (2023). Penguatan Civic Skills Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menumbuhkan Partisipasi Mahasiswa Sebagai Warga Negara. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila &

Kewarganegaraan, 11, 14.

Humaira, A. (2021). Konsep Negara Demokrasi. Universitas Eka Sakti. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/j5ugf

Ichsan, N., Nasir, C., Saputra, T. E., Attas, N. H., & Abbas. (2021). Artikel info Artikel history. PETITUM, 9(1), 88–94. https://uit.e-journal.id/JPetitum

Ingratubun, S. (2024). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Perspektif Kesadaran Hukum Masyarakat. Journal of Law, 1, 2024.

Lasminingrat, L., & Efriza. (2020). Pembangunan Lumbung Pangan Nasional : Strategi Antisipasi Krisis Pangan Indonesia. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 3, 10.

Lorita, E., Saputra, H. E., Yusuarsono, Imanda, A., Sariningsih, M., Amin, B., Mirwansyah, K., & Mirwansyah. (2023). Menumbuhkan Rasa Solidaritas Dalam Organisasi. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(2), 157–162.

Mandang, M., Sondakh, M. F. L., & Laoh, O. E. H. (2020). Karakteristik Petani Berlahan Sempit Di Desa Tolok Kecamatan Tompaso. Agri-Sosioekonomi, 16(1), 105. https://doi.org/10.35791/agrsosek.16.1.2020.27131

Murthada, & Sulubara, S. M. (2022). Implementasi Hak Asasi Manusia di Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar 1945. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 111–121.

Prakoso, G. B., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Membangun Rasa Toleransi dan Wawasan Nusantara dalam Bermasyarakat. Jurnal Global CItizen, 11(1). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/

Puspitasari, B. (2023). Makanan Lokal sebagai Sumber Potensial Kewirausahaan Berkelanjutan untuk Pelestarian Lingkungan.

Rhosita, Adha, M. M., Hartino, A. T., Ulpa, E. P., & Rifai, A. (2021). Pembelajaran Daring : Urgensi Meningkatkan Civic Competence

Mahasiswa di Tengah Era Society 5.0. E Prosiding Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan.

Rusli. (2012). Pengantar Ilmu Kependudukan. LP3ES.

Sahlan, Basiah, Tarigan, D. A. B., & Dayanti, M. (2023). Studi Masyarakat Sosial Dalam Perspektif Kelompok Sosial Dan. Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia (JUPSI), 1(1).

Sari, R. N., & Fadli, F. (2022). Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Riset Akuntansi dan Bisnis, 22(1), 76–83.

Sari, D. P. (2024). Analisis Penerapan Formula Slovin dalam Penelitian Kuantitatif. Jurnal Multidisiplin Sosial dan Humaniora, 1(2), 53–63.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731.

Subekti, S., & Sukaryo. (2022). Pengelolaan Sampah untuk Mengantisipasi Perubahan Iklim dan Upaya Pemenuhan Pangan Berkelanjutan. Merdeka Indonesia Journal International (MIJI, 2(2).

Amri, A. S. (2023). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan di Masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29–34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102

Wihatno, E., & Parahita, D. P. (2024). Penguatan Solidaritas dan Ketahanan Pangan: Bakti Sosial untuk Masyarakat Desa Tlogosari, Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(4), 99–107. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i4.3305

Yani, A. (2018). Sistem Pemerintahan Indonesia: Pendekatan Teori dan Praktek Konstitusi Undang-Undang Dasar 1945. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 12(2), 119. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2018.v12.119-135

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., Huda, N., JEDI, M., & JEDI, S. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues,

(2), 106–116. https://doi.org/10.33005/jedi.v6i2.157

Yusliana, E., Anantanyu, S., & Rusdiyana, E. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Petani dalam Melakukan Usahatani Ikan Air Tawar di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. AGROMIX, 11(2), 202–217. https://doi.org/10.35891/agx.v11i2.2022